Senin, 20 Oktober 2008

LEBARAN JALAN-JALAN




Hari H Idul Fitri tiba, tepatnya tanggal 1 dan 2 Oktober. Sesuai tradisi keluargaku, har pertama Lebaran, kita pergi berkunjung ke makam eyang buyut yang ada nun jah di sana, di daerah Jenar gitu deh. Masih terbilang pelosok desa soalnya di kanan kiri jalan masih sawah yang rentangnya bener-bener luasssssssss banget. Dulu waktu simbah buyutwwwwwwwwwwwwwwwwww masih ada, kita silaturahminya di rumahnya yang ada di depan sawah yang luass banget gitu. Suasananya bener-bener damai, cocok buat merenung atau tidur siang atau baca buku sambil minum aer es. Hmp..bener-bener sejuk. Angin dimana-mana, semilir. Maklum rumahnya menghadap ke selatan (kayaknya sih). Trus duduk di bawah pohon mangga yang gedhe liat ke depan. Hanya ada sawah dimana-mana n jalan-jalan lurus. Bisa dipek buat videoklip deh pokoknya. Jadi pengen kesana. Tapi semenjak simbah nggak ada,huhuhuu..kita jarang kesana soalnya kadang rumahnya kosong.
Balik lagi ke kunjungan Lebrn hari pertama. Setelah ke makam simbah buyut yang ada di pinggir rel, kita bertolak ke rumah sodaranya eyang, kurang jelas juga sih silsilahnya. Pokoknya saben tahun kita kesana aja. Rumahnya ada di belakang rumah simbah buyutku, memper-memperlah. Suasana sawahnya masih ada jadi kita nggak kehilangan suasananya. Main-main deh kita kayak bikin pideo klip beneran. Hohhohohoho. Setelah dari rumah sodaranya atau temennya eyangku tu kita langsung melanjutkan perjalanan ke tempatnya besaannya eyangku yang berarti orang tuanya istrinya omku. Ribet kan. Karena beliau juga sudah almarumah so kita ndatengin sodara-sodaranya yang ngrayain Lebaran. Sebenernya hubungannya udah jauh banget, aku aja sampe nggak tau ini siapa itu siapa, tapi apa daya eyangku tu. Ya sudahlah nggak papa, makan-makan, lumayanlah..hehehe.
Perjalanan jauh buat kita capek apalagi buat cucu-cucunya ini. Tapi tak apalah di hari yang fitri ini. Capek nggak menyurutkan semangat kita untuk melakuan tur hari kedua, yaitu ke daerah Beneran, Pakem yang memang merupakan satu rangkaian tur Lebaran yang setiap tahun pasti dijalani. Sampe di sana kita langsung go to makamnya simbah. Setelah dari makam, lanjut ke rumah temennya eyang. Namanya mbah Kami. Di situ kayak tempat transit gitu deh, makan, ngobrol, pulang. Dai situ biasanya kita lanjut ke tempat-tempat simbah yang lain yang lagi-lagi temennya eyang, atau temen waktu masih berjuang dulu, atau apalah. Tapi kemarin entah kenapa perjalanan dipersingkat. Yes.
Sorenya, giliran acara keluargaku yang satunya. Kita silaturahmi ke adek-adeknya eyang yang ada di Bantul. Setelah itu langsung menuju perhentian terakhir, yaitu tempat eyang, yang ada di Imogiri. Berkumpulah disitu keluargalah semua. Jarang lho kumpul. Kita tidur sana deh.
Paginya adalah hari malas sedunia. Gimana enggak?bangun jam berapa, habis tu ngapa, aduh males semua. Bangun-bangun nggak langsung mandi malah langsung main badminton.
Yang lucu waktu aku nginep di tempat eyangku itu waktu adek sepupuku yang paling bontot n paleng bandel manggil andong. Sedikit informasi waktu Lebaran, andong disana banyak, khusus untuk nganter ke makam Imogiri gitu yang jaraknya dari tempat eyangku ya deketlah, setengah kilo. Di makam banyak orang berwisata,rame banget gitu, tapi kita udah nggak tertarik lagi, udah bosen malah. Nah balek lagi ke manggil andong. Dengan PDnya si anak kecil bandel itu manggil andong. Trus dia manggil sodaraku buat nemenin. Karna sodarku belon mandi, dia juga ngajak sodaraku yang lain, begitulah polanya. Sialnya, aku n mbakq yang sembunyi di balik tembok ketauan dan alhasil kita dipaksalah ikut sampe diseret-seret gitu. Sial. Padahal ya kita belom mandi, masih acak-acakan, pake celana pendek, rambut belom sisiran,acak adulah pokoknya. Dengan muka-muka jijay gitu kita bagaikan digiring keluar,hiyaaa malu banget kan. Naek andong belom mandi. Apa kata dunia??
Saking malunya, kita nggak turun waktu dah sampe makam, jadi langsung ngacir pulang. Pak, langsung pulang aja, ke tempat yang tadi. Di jalan Tanya-tanya soal tariff dan sebagainya. Dan O mai God! Mahalnya jek..dan dengan PDnya lagi si adek yang ngajakin kite-kite cuman bawa 15 ribu, mana cukup. Paniklah kita,nggak ada yang bawa duit, tapi untungnya aku bawa di kantong celanaku, lumayanlah buat nampolin kurangnya. Aduh malu banget aku waktu itu. Naik andonng (yang berarti jalan2), belom mandi….arrrghh.
Begitulah ceritaku di hari Lebaran. Minal Aidzin wal Faidzin ya, Mohon Maaf Lahir dan Batin. Heheheee.


-

Tidak ada komentar: