Senin, 20 Oktober 2008

Cerita Before dan After, Before dulu ya.. (part 2)


Kita sampai di H-1. Dimanakah kalian pada waktu itu? Pasti ada yang keluar, tau nggak malah di rumah aja, atau malah pacaran?ckckck..
Dimanakah aku saat ntu? H-1 malem terutama, aku bersama dengan keluargaku pasti (acara rutin ni per taun ) pergi ke rumah eyangku yang nun jauh di sana, tepatnya di dekat makam-makam raja di Imogiri (hayou udah pernah kesana belum??). Setiap taun kalau nggak ada halangan pastinya kita pergi ke tempat eyang. Ngapa??Liat takbir.
Di desa tempat eyangku di Imogiri sana, setiap tahun pasti mengadakan takbir keliling yang nggak hanya diikuti oleh satu desa aja tapi ya kurang lebih 20-an desalah. Banyak juga kan. Ya bisa dibilakng kayak festival gitulah. Ada nomer urutnya. Setiap desa ngajuin berapa orang untuk ikut takbiran ini. Yang menariknya, takbir keliling ini dilombain lho. Jadi pastinya setiap desa berlomba-lomba bikin sesuatu yang menarik untuk takbiran itu.
Setiap tahun ada aja bikinan mereka. Dulu ada yang bikin Alquran raksasa trus dibawanya pake keseran (semacam gerobak gitulah) tapi keserannya dimodif dong, biar oke n nggak keliatan kotor. Mw tau kemaren tema takbirannya apa?menafsirkan sendiri sih aku. Jadi menurut sepenglihatanku, kemaren itu temanya marching band atau drum band gitu. Aku masih agak bingung mbedain anatara marching band n drum band. Oke balik lagi ke takbiran. Aku bisa nyimpulin temanya itu solnya aku liat dari awal mpe beberapa peserta di belakangnya kebanyakan ada mayoretnya trus alat musiknya juga kebanyakan memper-memper alat-alatnya marching tapi itu lebih kecil. Pinjem di masing-masing TK kali ya?? Lucu deh pokoknya takbiran kemaren. Seru. Walaopun aku nggak ngrayain Lebaran, aku kena euforianya. Waow deh pokoknya. Lampion dimana2,kembang api meledak dimana-mana, seru-seruan takbir sahut-sahutan lewat pengeras suara dari masing-masing kelompok, baju-bajunya yang agak maksa yang malah jadi lucu,hohooo. Ada yang pake baju-baju jihad, ada yang patroli, ada yang nyanyinya lemes. Lucu sih tapi keren banget semangatnya . Mereka lewat di depan mataku, yah maklum nontonnya d pinggir jalan. Tapi seru lho. Keliatan banget kalo suasana di desa n di kota yang umumnya padat perumahan, beda. Mana ada di kota ada festival takbiran. Yang ada mungkin takbiran pake mobil. Euforia takbiran lebih terasa di sini.
Habis nonton takbiran, kita kan balik tu ke rumah eyang. Ngapain? Yak, nyalain petasan (bahasa jawanya nyumet mercon) yang memang udah disiapin saudara-saudaraku. Waow (lagi). Berasa kayak taun baru ni. Soalnya kembang apinya yang macem meledak di atas gitu, tapi nggak seheboh yang kek d Soundrenalin-lah. Bunyinya, ciuuuuu..der. Ciuuu…peletek-peletek. Baru prtama kali lho aku nyalain kembang api yang model begituan sendiri. Biasanya sih cuman liat yang kayak di Soundrenalin, JB,dsb..
Suasana takbiran benar-benar menyenangkan ya. Berkumpul bersama keluarga besar. Makan. Main kembang api dengan backsound Allahuakbar..Allahuakbar..(sori kalo tulisannya salah). Liat takbir keliling. Liat sepanjang jalan di suatu desa dikasih seperti obor tapi dari tempat minum bekas. Jadi inget lagunya, Sepanjang jalan kenangan..kita kan slalu bergandengg..tangan.

Tidak ada komentar: